Friday 10 April 2020

Tugas Softskill PKM : Kiat yang Harus Disiapkan untuk Menumbuhkan Semangat Belajar dalam Mewabahnya Virus Corona

Nama : Ahmad Fakhriza Luthfi
NPM : 50416360
Kelas : 4IA13
Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern

KIAT YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR DALAM MEWABAHNYA VIRUS CORONA

            Pada penulisan kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang harus disiapkan untuk menumbuhkan semangat belajar dalam kondisi mewabahnya virus corona. Pada kasus kali ini hampir atau mungkin semua kampus di Indonesia diliburkan, dengan kata lain kegiatan belajar mengajar di kampus juga ditiadakan. Dari pihak kemendikbud sendiri tetap mewajibkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah. Jadi, sampai sekarang saya mengerjakan tugas kuliah secara online yang bisa diakses melalui website vclass gunadarma. Sebenarnya saya senang dapat mengerjakan tugas kuliah dari rumah tetapi pada saat melakukan kegiatan kuliah secara online banyak tugas dan materi yang tidak dapat saya mengerti karena kegiatan kuliah online tidak sama dengan tatap muka. Karena saya rasa belajar secara tatap muka lebih efektif dibandingkan dengan kelas online. Di samping itu mahasiswa juga dihadapkan dengan adanya praktikum online yang saya rasa lebih sulit dibandingkan dengan praktikum secara tatap muka karena akan lebih mudah menyerap materi ketika praktikum dilakukan secara tatap muka.
Ada beberapa cara yang menurut saya dapat menumbuhkan semangat belajar dalam kondisi yang seperti ini. Yang pertama adalah manajemen waktu. Manajemen waktu sangat berpengaruh dalam menumbuhkan semangat belajar. Terkadang manajemen waktu yang kurang baik akan mengakibatkan semangat belajar menjadi berkurang. Jadi aturlah waktu belajar dan mengerjakan tugas secara tepat. Tidak perlu berlebihan dalam belajar ataupun mengerjakan tugas, maksud disini adalah jangan mengerjakan tugas sekaligus dalam sehari tapi kerjakanlah tugas secara bertahap sesuai dengan batas waktu tugas yang diberikan. Sehingga kita dapat mengerjakan kegiatan lain seperti kegiatan rumah, misalnya cuci piring, membersihkan rumah dan kegiatan rumah lainnya, agar kita tidak jenuh atau bosan dengan tugas yang diberikan.
Yang kedua adalah dengan menghargai waktu. Yaitu dengan tidak menunda-nunda tugas yang telah diberikan karena akan sangat merepotkan bila kita harus belajar atau mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat dengan batas akhir pengumpulan tugas. Kegiatan belajar dan mengerjakan tugas juga menjadi kurang efektif  karena kita tidak dapat menyerap materi yang banyak secara singkat. Jadi efisienkanlah waktu yang ada agar tidak terbuang sia-sia.
Yang ketiga adalah fokus pada tujuan. Menentukan tujuan atau target-target yang ingin dicapai dalam hidup akan memberi motivasi tersendiri untuk terus belajar. kalau bisa tulis daftar mimpi-mimpi anda diatas secarik kertas dan tempelkan di dinding kamar anda, agar setiap kali anda bangun tidur anda akan melihatnya dan semakin termotivasi untuk mewujudkannya. tentukan jangka waktu seberapa lama anda bisa mewujudkannya sehingga anda akan lebih semangat untuk belajar dan belajar agar mimpi tersebut segera terwujud.
Yang keempat adalah mulailah belajar dengan rasa senang. Kondisi psikologis ketika akan memulai belajar akan berpengaruh pada kemampuan otak dalam menerima pelajaran, oleh karena itu agar semangat belajar tetap terjaga maka mulailah belajar saat kondisi batin dalam keadaan senang dan tenang. Perasaan senang ketika belajar adalah suatu kondisi yang bisa diciptakan, maka tanamkanlah mindset dalam pikiran anda bahwa belajar adalah hal yang asyik dan seru.
Yang kelima adalah memberikan penghargaan pada diri sendiri. Agar semangat belajar dalam diri kita selalu terjaga dan justru semakin tumbuh adalah dengan memberi penghargaan pada diri sendiri setiap kali mencapai hal yang luar biasa karena ketekunan kita dalam belajar. Jangan segang untuk merayakan setiap prestasi yang kita raih walaupun hal tersebut terlihat biasa untuk orang lain. karena hal tersebut bukan tentang bagaimana penilaian orang lain terhadap kita, akan tetapi bagaimana kita menghargai setiap usaha yang kita lakukan dalam mencapai sesuatu.
Yang terakhir adalah hadapi masalah dengan tenang. Semangat belajar pada diri sendiri terkadang berkurang ketika dihadapkan pada masalah yang rumit dan sukar untuk diselesaikan. jika masalah yang kita hadapi saat ini adalah rendahnya semangat belajar maka hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu kenapa kita malas belajar kemudian memikirkan dampak apa yang bisa ditimbulkan jika kita malas belajar dan carilah solusi yang tepat sesuai dengan pribadi masing-masing, agar semangat belajar kita bisa kembali tumbuh.
Pada intinya, hanya diri kitalah yang dapat mengubah cara berpikir kita agar tetap semangat dalam belajar dan memotivasi diri kita sendiri agar semangat belajar terus tumbuh. Jadi hargailah waktu yang kalian punya selama masa pandemic virus ini berlangsung agar semua tugas ataupun kegiatan belajar dapat diselesaian secara efektif dan tepat waktu.
Sekian dari penulisan saya tentang menumbuhkan semangat belajar dalam mewabahnya virus corona.

No comments :

Post a Comment