Sunday 25 March 2018

1.1 Pengertian Web Science & Contohnya

Nama                       : Ahmad Fakhriza Luthfi
NPM                        : 50416360
Kelas                        : 2IA13
Mata Kuliah             : Pengantar Web Science



Pengertian Web Science

·         WEB
Suatu halaman yang dapat berupa gambar , tulisan, animasi, suara ataupun gabungan dari kesemuanya dengan tujuan memberikan informasi tertentu itu sehingga dengan itu semua orang dapat memudahkan sesama dalam mencari informasi yang diinginkan .

·         SCIENCE

Ilmu pengetahuan akan suatu hal yang dapat dibagikan kepada orang lain sebagai informasi yang tepat dan akurat .Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa web science adalah suatu ilmu pengetahuan untuk membuat, merancang dan memberi informasi yang dapat berupa gambar, tulisan, animasi maupun suara yang akurat dan tepat melalui halaman elektronik .

Contoh Website
Berdasarkan sifatnya :

1.      Website Dinamis

Merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia,  detik, tokobagus dan blog tentang internet .

2.     Website Statis

Merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau kartu nama digital perusahaan.


 Berdasarkan fungsinya

1.      Search Engine

Website Search Engine adalah website yang sengaja ditujukan untuk memudahkan orang lain dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya website yang ditujukan untuk mencari informasi akan merujuk pada website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo .

2.     Blog

Blog ini bisa dibilang diary elektronik yang dimiliki pemilik website.Isi dari blog ini dapat berupa cerita, artikel ataupun hasil dari pemikiran-pemikiran si pemilik blog. Fungsi dari blog adalah berbagi cerita, pengetahuan, informasi ataupun content yang berguna nagi pengunjung/pembaca blog tersebut.

3.     Networking

Website networking yang masih digemari saat ini adalah facebook dan twitter, dimana website networking ini menyediakan fasilitas yang memungkinkan bagi masing-masing pengguna akun untuk dapat berinteraksi/bersosialisasi tanpa memikirkan jarak yang jauh .

4.     Berita

Website berita berfungsi untuk memberikan informasi berupa berita yang update mengenai suatu hal yang mana berita tersebut ditujukan kepada pembaca yang tengah mengunjungi situs/web berita tersebut. Contohnya adalah detik.com

5.     Multimedia

Contoh dari web multimedia ini adalah youtube , web ini memungkinkan pengunjungnya untuk melakukan streaming/melihat langsung video yang tersedia dalam web ini tanpa harus mengunduh/download , web ini membutuhkan koneksi/kecepatan yang tinggi untuk mengaksesnya .



6.     E-Learning

Website e-learning dapat dikatakan sebuah kelas elektronik yang mana dengan adanya e-learning paengunjung ataupun member dapat belajar sama halnya pada saat berada di kelas . contohnya adalah website-website universitas .

7.     E-Commerce

Website E-Commerce merupakan toko virtual yang memberikan kebebasan para pengunjung untuk dapat melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan. Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.








No comments :

Post a Comment