Sunday 25 March 2018

1.3 Perbedaan Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0

Nama                       : Ahmad Fakhriza Luthfi
NPM                        : 50416360
Kelas                        : 2IA13
Mata Kuliah             : Pengantar Web Science

Berdasarkan perkembangannya, sampai saat ini telah ada 3 macam web, yaitu :

- Web 1.0
Web ini disebut juga dengan web statis, karena pada web 1.0 informasi yang diberikan hanya satu arah, dimana pembuat web hanya dapat memberikan informasi saja kepada pengguna internet. Informasi yang diberikan pun masih sederhana, langsung pada intinya sehingga mudah dipahami dan jenis web ini mudah untuk dibuat oleh pemula sekalipun. Contohnya adalah situs-situs yang bersifat personal dan beberapa situs-situs perusahaan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

- Web 2.0
Saat ini web 2.0 paling banyak digunakan dan  merupakan penyempurnaan dari web 1.0.  Web 2.0  bersifat dinamis, karena terjadi hubungan timbal balik antara sesama pengguna internet, bukan antara pengguna dengan web. Dengan web ini, informasi yang diberikan berupa dua arah antar pengguna, pembuat web memberikan informasi kepada pengguna dan mereka berhak memberikan masukan kepada web tersebut. Contoh dari web 2.0 adalah situs jejaring social seperti Google+, Facebook, situs blog seperti Blogspot, WordPress serta situs berbagi foto seperti Instagram dan Path.


- Web 3.0
Web ini merupakan bentuk penyempurnaan dari web-web sebelumnya dan paling canggih. Konsep utamanya menggunakan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Informasi yang diberikan dalam web 3.0 ini bersifat interaktif, yaitu terjadi hubungan dua arah antara pengguna dengan mesin berdasarkan inputan yang diberikan. Web 3.0 memberikan penekanan penelitian pada semantic web, ontology, web service, soul software, folksonomies dan peer to peer. Contoh dari web 3.0 adalah Yahoo!, Google dan Bing.




No comments :

Post a Comment