Friday 27 April 2018

2.1 Arsitektur Web dan Contohnya



Nama                       : Ahmad Fakhriza Luthfi
NPM                        : 50416360
Kelas                        : 2IA13
Mata Kuliah             : Pengantar Web Science


Definisi Arsitektur Web

Arsitektur Web adalah suatu metode perencanaan dan dalam merancang situs web yang melibatkan teknis, estetika, dan fungsionalitas.Arsitektur web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya. 
Dimana struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antara lain form, fungsi, navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang akan dibangun dalam sebuah web.

Contoh :

HTTP
Http merupakan istilah yang sering ditemukan pada suatu alamat web, kotak teks pada browser maupun hyperlink-hyperlink yang ada pada dokumen. Http adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Protokol adalah seperangkat aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh computer untuk menerima dan mengirim data, sedangkan Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Sehingga http adalah suatu protokol yang didasari dengan hypertext sehingga computer dapat mengirimkan dan menerima data melalui internet. 
Http adalah salah satu protokol komunikasi yang memungkinkan adanya transfer informasi ke internet. Fungsinya untuk menetapkan bagaimana pesan (data) diformat dan ditransmisikan dan tindakan apa dari web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.
Http muncul di awal setiap alamat website (contohnya saja: http://www.google.com/,http://www.facebook.com/ ) ini menandakan bahwa protokol yang digunakan dalam website tersebut adalah http.
Oh iya, ada juga yang disebut dengan https, https merupakan varian dari http namun menambahkan lapisan enskripsi, biasanya ditemukan di halaman setting suatu website (contoh : https://www.facebook.com/settings).

HTML
HTML bagi web developer pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language.HTML berisi instruksi kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari suatu website.
Bahasa HTML dapat dikenali dengan adanya tag yang diampit oleh karakter < dan >. Tag dalam HTML merupakan kode – kode special yang dimengerti oleh browser sehingga dapat ditampilkan ke layar browser.
HTML merupakan bahasa yang cross platform sehingga dapat digunakan pada berbagai platform yang berbeda dengan tampilan yang sama.

Web Server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan dari http dan https dari browser web, dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halam – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Contohnya saat kita login kedalam suatu situs web, maka kita akan memasukan username dan password kedalam textbox, jika sudah maka kedua data tersebut akan dikirim dari browser lalu akan diterima oleh web server. Setelah diterima web server akan mencocokan data dengan data base yang dimilikinyam jika cocok web server akan mengirimkan halaman web yang menyatakan bahwa login berhasil, jika tidak web server akan mengirimkan halaman yang menandakan login gagal.

Browser
Browser (atau Web Browser) merupakan aplikasi yang membantu untuk menjelajahi internet. Awalnya web browser pertama hanya dapat menampilkan dokumen teks dan menerima perintah teks (console). Namun Web browser yang kita kenal sekarang sudah dapat menampilkan data berupa gambar, text, video. Contohnya saja google chrome, mozila firefox, safari, opera.

Hasil gambar untuk arsitektur web image

No comments :

Post a Comment