Friday 11 January 2019

RINGKASAN PEMBUATAN ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D






Oleh:
Ahmad Fakhriza L
Muhamad Rifki Rizaldi
Muhammad Rheza Agung










UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AJARAN 2018/2019
Tujuan Pembuatan:
Sebagai warga negara Indonesia diharapkan agar senantiasa menghargai bendera negaranya sendiri untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang demi negara.
Konsep Pembuatan:
Dalam animasi yang kami buat terdapat beberapa objek dan karakter sebagai pengisi animasi diantaranya pohon, rumput, tiang bendera, bendera dan karakter yang kami buat agar sedemikian rupa seperti orang yang sedang hormat kepada bendera. Berikut penjelasan dari setiap objek:

  1. Pohon
Pohon merupakan objek pendukung dari animasi ini agar terlihat lebih menarik dan mengisi kekosongan. Cara yang membuatnya yaitu dengan mengklik tombol file->user preferences seperti pada gambar.
Lalu pada menu user preferences klik Add Curve: Sapling Tree Gen kemudian klik save.



  Lalu tekan tombol shortcut Shift+A kemudian pilih Curve->Sapling Tree Gen. Kemudian atur sedemikian rupa sehingga seperti pohon pada umumnya.

  1. Tiang Bendera
Objek ini dibuat dengan menggunakan cylinder dan plane cube yang dibentuk sedemikian rupa. Kemudian kami beri warna agar tampilannya lebih menarik dan terlihat jelas.

  1. Rumput
Awal pembuatan menggunakan plane sebagai dasar dari rumput ini, bisa dibilang sebagai tanah nantinya. Kemudian pada modifier klik add modifier->System Particle



Kemudian pada type ubah menjadi hair, selanjutnya ubah pula warna yang diinginkan sesuai dengan pada gambar.

  1. Bendera

Untuk pembuatan bendera dibutuhkan beberapa komponen diantaranya objek plane dan fan. Fan sendiri digunakan sebagai penggerak dari bendera tersebut sehingga terlihat seperti tertiup anginnya.
Lingkaran bulat diatas merupakan fan.

Kemudian output yang dihasilkan seperti gambar yang ada dibawah ini.



No comments :

Post a Comment