Thursday 3 October 2019

Tugas Softskill #1 : Studi Kasus Perusahaan

Nama                       : Ahmad Fakhriza Luthfi
NPM                        : 50416360
Kelas                        : 4IA13
Mata Kuliah             : Pengantar Bisnis Informatika


Zilingo


Image result for zilingo logo

Apa sih Zilingo?
Zilingo merupakan marketplace khusus yang bisa menghubungkan para penjual dan pembeli produk fesyen. Di situs mereka, kamu bisa menemukan barang-barang seperti pakaian, perhiasan, hingga produk-produk terkait gaya hidup dan kecantikan. Dan ia juga memiliki website, yang beralamat di http://www.zilingo.com/id.
Di Indonesia sendiri telah ada cukup banyak startup yang bergerak di bisnis tersebut, seperti Zalora, Berrybenka hingga Sale Stock. Lebih jauh dari itu, e-commerce seperti Lazada, Bukalapak dan Tokopedia pun  telah merambah bisnis fashion.
Meski begitu, Zilingo menawarkan sesuatu yang berbeda. Mereka tak hanya menampilkan informasi para merchant di dalam situs Zilingo, namun juga membantu mereka dalam melakukan pengelompokan jenis barang, pengambilan foto, pembuatan video, pengemasan, hingga pemberian modal.
  • Sejarah singkat Zilingo
Zilingo didirikan oleh Ankiti Bose dan Dhruv Kapoor pada Oktober 2015 yang bertujuan menghubungkan pencinta mode di seluruh Asia dengan beragam pilihan produk di dalamnya. “Saat berpergian melintasi Thailand, Indonesia, dan Filipina, saya melihat ada banyak sekali pasar di wilayah-wilayah ini yang menjual semua jenis pakaian secara offline, dari t-shirt bersablon slogan hingga gaun maxi, dari pakaian formal hingga sepatu kuli. Keadaan itu membuat saya berpikir mengapa pedagang-pedagang ini tidak berjualan secara online, dari sanalah ide Zilingo tercetus,” jelas Bose, Co-Founder dan CEO Zilingo. Dengan hadirnya Zilingo, maka pemain di bisnis e-commerce Indonesia jadi semakin ramai.
  • Teknik Penjualan
Menerapkan strategi pelokalan, bersaing dengan kompetitor, seperti Sale Stock dan Shopee, Zilingo memiliki kiat tersendiri dalam menjalani bisnisnya di Indonesia. Ankiti menerangkan, kunci utamanya adalah melakukan pelokalan untuk seluruh lini. Dia mengaku Zilingo tidak akan berjalan sukses tanpa adanya model pernikahan integrasi sistem teknologi dari Singapura dan India untuk menciptakan nuansa pasar Indonesia.
Untuk menyeriusi bisnis Zilingo di Indonesia, pihaknya telah menempatkan tim lokal mulai dari posisi Country Manager, penjualan, pemasaran, operasional, dan customer care. Beberapa lainnya berasal dari tim pusat tinggal di Indonesia guna memahami dan mengintegrasikan proses bisnis Zilingo dan menciptakan fitur-fitur yang inovatif.
  • Pemasangan dan pemeliharaan jaringan
Konsep yang dianut Zilingo adalah membantu penjual UKM offline dapat berjualan secara online. Mereka menyediakan dukungan back end secara penuh untuk para penjual, mencakup pusat penjual online dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh daftar produk, mengelola inventaris, jadwal pickup dan melakukan layanan pelanggan dan pemasaran. Zilingo masih memiliki  uang dari putaran Seri B yang memberikannya sekarung modal untuk berinvestasi. Selain sedang mendorong ekspansi internasionalnya, perusahaan juga berencana menambah lebih banyak layanan teknologi ke dalam ekosistem e-commerce sembari memperluas situs Zilingo.com ke pasar Asia Tenggara.
  • Kelebihan dari Zilingo
Kelebihan Zilingo yang mungkin membedakannya dengan e-commerce lainnya adalah tersedianya pilihan bahasa dan mata uang yang memudahkan pedagang mengunggah dan mengelola inventaris mereka dalam bahasa dan menggunakan mata uang apa pun.  Selain itu, Zilingo juga menghubungkan mereka dengan penyedia logistik, pergudangan dan pembayaran, serta layanan seperti pinjaman, katalogisasi dan asuransi.
  • Kekurangan dari Zilingo
Kurangnya inovasi product yang tersedia

No comments :

Post a Comment